Lifestyle

5 Tips Tegarkan Diri Hadapi Masalah yang Belum Ada Jalan Keluarnya

Masalah akan datang silih berganti dalam hidup. Bahkan tak jarang, ketika satu masalah baru saja selesai, muncul masalah yang baru. Belum lagi ketika muncul masalah yang belum ada jalan keluarnya.

Sungguh jenuh dan tertekan ketika kita masih dihadang pada persoalan yang sama dan belum ada jalan keluarnya. Kita sudah mencoba berbagai macam cara tapi solusi terbaik tak kunjung didapatkan. Rasanya ingin menyerah dan putus asa saja. Akan tetapi, kita tetap perlu menjaga hati yang kuat menghadapi situasi yang pelik ini.

1. Anggap Fase Sulit Ini sebagai Momen untuk Berkembang

“Stand mighty against all storms and pain. They are nothing but a dim lit pathway to your shining heroic destiny.”― Hiral Nagda

Menghadapi masalah yang belum ada jalan keluarnya, rasanya kita ingin pasrah dan putus asa. Bahkan rasanya semua upaya kita tak ada gunanya. Hanya saja coba anggap setiap perjuangan dan upaya yang dilakukan adalah bagian dari menempa diri untuk menjadi lebih kuat dan berkembang lagi. Semua lika-liku perjalanan yang dilewati pasti akan menawarkan pemandangan terindah saat kita sudah sampai di tempat tujuan.

2. Terima Semua Kepahitan

“When the storm seems to overpower you, hold tight, for it is only passing.”― Hiral Nagda

Saat kita masih belum bisa menemukan jalan keluar terbaik dari persoalan yang ada, maka kita mau tak mau perlu menerima semua kepahitan yang ada. Tidak semua hal yang kita inginkan bisa terwujud, tapi begitulah hidup. Segala sesuatunya datang silih berganti. Segalanya bersifat sementara, dan yakini bahwa masalah yang hadir ini juga tidak menetap selamanya.

3. Lakukan Hal yang Bisa Menyenangkan Hati

“To all of you who are at your lowest. Congratulations! The only way is now moving up reaching your greatest potential. Just hang in there till life lifts you back up.”― Hiral Nagda

Berada di titik terendah dalam hidup memang tak menyenangkan. Saat kita merasa tak berdaya dan belum bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi masalah hidup, kita tetap perlu menjaga kewarasan. Tetap izinkan diri untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan diri sendiri. Dengan begini, kita masih dan akan tetap punya kekuatan untuk bangkit dan melanjutkan langkah ke depan.

4. Memilihlah untuk Tetap Kuat

“At times being strong is not a choice but it’s the only option.”― Garima Soni – words world

Hidup memang dipenuhi serangkaian pilihan. Namun, ada kalanya pilihan yang ditawarkan terbatas. Pada fase tertentu atau saat menghadapi sebuah masalah berat, tetap kuat menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia. Sehingga, kita perlu memilihnya. Bahkan dari dalam diri sendiri, kita perlu secara sadar membuat pilihan untuk kuat agar motivasi untuk bertahan di masa sulit tetap ada.

5. Berbanggalah pada Diri Sendiri yang Sudah Berjuang

“Life is not always easy, or fair. Contrast is a necessary part of our spiritual journey in this lifetime. Self-pity, or feeling defeated, is not the way to deal with it. Stay strong and move forward.”― Anthon St. Maarten

Meski belum dapat jalan keluar terbaik dan belum bisa menyelesaikan masalah dengan sempurna, tetapi kita sudah berjuang dan melakukan yang terbaik. Untuk semua upaya yang sudah kita lakukan, kita patut berbangga pada diri sendiri. Apresiasi dan berterima kasihlah pada diri sendiri karena itu yang akan jadi sumber kekuatan kita untuk kembali tegar.

Semoga apa pun masalah yang sedang dihadapi saat ini, kita bisa menemukan jalan keluar terbaiknya. Meski mungkin butuh waktu dan proses yang cukup lama, tetap teguhkan diri dan yakini bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

You may also like...