Kekhawatiran di bawah mata bisa mengganggu penampilan, terutama di bawah kantung mata. Kondisi ini tidak hanya terlihat oleh semua orang dan siapa saja, tetapi sebagian besar waktu kantung mata di luar kendali.

Lingkaran hitam dan bengkak sering kali disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup seperti kurang tidur atau pola makan. Hal ini juga dapat ditangani dengan cukup mudah dengan makeup atau kompres dengan es. Namun jika itu disebabkan genetika dan penuaan  tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya. 

Tidak seperti lingkaran hitam dan bengkak, kantung mata tidak terlalu sering dibicarakan, mungkin karena jauh lebih di luar kendali kita. Kantung mata disebabkan oleh bantalan lemak di bawah mata karena, kemungkinan besar, karena genetika. “Beberapa keluarga memiliki bantalan lemak di bawah mata yang menonjol sejak usia dini,” jelas dokter kulit Morgana Colombo.

Dokter kulit Arash Akhavan menambahkan bahwa penuaan biasanya menambah masalah. Kedua dokter kulit juga setuju bahwa ada beberapa elemen gaya hidup yang juga dapat memengaruhi kantung mata dan memperburuk kondisi yang sudah ada, termasuk tidur, diet, alergi dan penuaan.

Karena genetika dan tanda-tanda alami penuaan adalah alasan paling umum untuk kantung mata, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya sepenuhnya, kecuali dengan pembedahan. Karena faktor-faktor ini berada di luar kendali kita, cara terbaik untuk meminimalkan kemunculannya adalah dengan pencegahan.

Tips mencegah kantung mata menjadi lebih buruk 

1. Mendukung kolagen di sekitar mata

Untuk mengatasi masalah penuaan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendukung produksi kolagen di sekitar mata. Ini akan membantu mencegah kendur dan mempromosikan penghalang yang lebih kuat untuk penampilan muda. Anda dapat melakukannya melalui suplemen kolagen atau produk topikal. Atau, seperti yang direkomendasikan Akhavan, gunakan produk dengan retinol.

2. Gunakan produk pendukung kulit di bawah mata

Selain produk berbasis retinol, ada banyak serum dan krim kemasan aktif lainnya yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kantung mata. Selain retinol, Akhavan merekomendasikan peptida, asam hialuronat, vitamin C, vitamin E, dan kafein.

Peptida dan Vitamin C dapat membantu dengan meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen untuk mengobati dan mencegah tanda-tanda penuaan. Karena kekurangan air dapat memperburuk tampilan kantung mata, asam hialuronat dapat mengobatinya dengan mengikat dan menahan air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan awet muda. Kemampuan antioksidan vitamin E membantu menstabilkan radikal bebas, yang dapat mempercepat tanda-tanda penuaan, sementara kekuatan antioksidan kafein dapat menunda photoaging dengan melindungi dari paparan sinar UV.

3. Pakai tabir surya dan kacamata hitam

Meskipun Vitamin E dapat membantu dengan perlindungan UV, itu tidak cukup untuk benar-benar mencegah kerusakan nyata. Sebagai gantinya, menerapkan tabir surya yang cukup dan memakai kacamata hitam pelindung untuk memperlambat kendurnya kulit di sekitar mata.

“Karena sinar UVA dan UVB adalah penyebab utama kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan, memakai kacamata hitam dan SPF sangat penting untuk mencegah kantung mata,” kata Akhavan. “Ini akan membantu memblokir sinar UVA dan UVB, mengurangi risiko penuaan di bawah mata dan kanker kulit.”

4. Gunakan alat wajah gua sha atau jade roller

Jika Anda memiliki acara besar yang akan datang dan Anda ingin meningkatkan penampilan mata Anda dengan cepat dan efisien, Colombo merekomendasikan untuk menggunakan gua sha atau jade roller. Alat-alat ini dapat menargetkan bengkak dan kendur dengan mempromosikan drainase limfatik, yang mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi dengan membantu membuang racun.

5. Kurangi asupan garam

Jika kantung mata Anda tampak semakin memburuk setiap hari, Anda mungkin ingin melihat pola makan Anda. Misalnya, banyak asupan garam dapat membuat kulit Anda dehidrasi dan menyebabkan cairan menumpuk di seluruh tubuh Anda, termasuk di bawah mata Anda. Meskipun ini mungkin bukan satu-satunya penyebab kantung mata, itu pasti dapat meningkatkan bengkaknya. Mengurangi makanan asin dapat memperbaiki ini.

6. Kurangi alkohol

Garam bukan satu-satunya hal dalam makanan Anda yang dapat memengaruhi bagian bawah mata Anda, tetapi minum terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi dan peradangan. Jadi jika Anda ingin mengurangi bengkak, memperbaiki lingkaran hitam dan kantung mata, mengurangi asupan alkohol dapat membantu.

7. Tidur telentang dengan kepala disangga

Tidak hanya lebih banyak tidur dapat membantu memperbaiki tampilan kantung mata, tetapi posisi tidur khusus ini dapat memberikan sedikit dorongan yang dibutuhkan mata untuk memperbaiki penampilan. “Tidur telentang dengan kepala sedikit ditinggikan untuk mengurangi retensi cairan dalam semalam,” kata Colombo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *