Tahu dan ayam merupakan sumber protein populer yang gurih enak. Tetapi keduanya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Mana yang lebih menyehatkan menurut ahli diet?
Protein nabati dan hewani sama-sama diperlukan oleh tubuh. Di saat sedang berdiet perlu lebih teliti memilih sumber protein. Salah satu yang populer adalah daging ayam dan tahu. Keduanya enak diolah jadi beragam masakan karena rasanya gurih.

Namun, keduanya punya kandungan nutrisi khususnya protein yang berbeda. Manakah yang lebih menyehatkan untuk dikonsumsi saat berdiet? Berikut ini beberapa faktanya.

1. Nutrisi Ayam

Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang banyak digemari. Selain mudah ditemukan, daging ayam sendiri mengandung berbagai nutrisi penting antara lain protein, zat besi, magnesium, dan juga vitamin B.

Dilansir dari prevention.com (06/07/2021), zat besi pada dada ayam dapat membantu pembentukan sel darah. Sedangkan zat magnesium membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, serta vitamin B mampu membantu fungsi otak bekerja maksimal.

Dada ayam seberat 90 gram memiliki sekitar 21 g protein dengan 3,5 g lemak total per porsi. Dengan kalori yang rendah namun protein tinggi, sangat baik untuk membantu penurunan berat badan, pertumbuhan otot, sekaligus kesehatan tulang.

2. Nutrisi Tahu

Tahu adalah salah satu protein nabati yang terbuat dari kedelai. Dengan bahan utama kedelai, menjadikan tahu sebagai protein bebas hewani yang sehat dan kaya akan nutrisi. Setiap 90 gram tahu mengandung sekitar 8 g protein dengan 4 g lemak.

Tahu sendiri menjadi sumber kalsium, zat besi, magnesium yang mendukung kestabilan tekanan darah, serta potassium sebagai elektrolit dalam membantu fungsi otot serta menjaga keseimbangan tingkat cairan tubuh.

Teksturnya yang halus membuat tahu menjadi bahan yang mudah diolah menjadi beragam hidangan. Bahkan jika ingin membuat smoothie, tahu bisa menjadi pengganti dari bubuk protein.

3. Manakah yang Lebih Sehat?

Menurut ahli diet, baik ayam maupun tahu, keduanya punya banyak kandungan nutrisi. Masing masing menjadi sumber protein tanpa lemak yang baik sekaligus memberikan vitamin yang tak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Namun tentu saja keduanya punya perbedaan spesifik.

Ayam adalah makanan yang memiliki protein lebih tinggi dibandingkan tahu. Dada ayam sendiri memiliki lemak yang lebih rendah dibandingkan tahu yang mengandung semua lemak baik yaitu lemak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Selain itu ayam memiliki sedikit lemak jenuh dan kolesterol, sedangkan tahu tak mengandung keduanya. Dalam hal vitamin B, ayam lebih unggul. Tetapi nutrisi seperti seng, magnesium, dan zat besi lebih tinggi pada tahu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.