China secara tegas menindak dan membatasi laju investor mata uang kripto di negaranya. Berbagai aksi keras pun dilakukan.

Sejak tahun lalu, China secara resmi melarang semua aktivitas uang kripto (cryptocurrency) mulai dari penambangan (mining), media, platform penukaran dan aktivitas jual beli.

Kebijakan terbaru untuk memberangus Bitcoin dan uang kripto lain diluncurkan China pada Oktober 2021 lalu. Aktivitas cryptocurrency masuk dalam “daftar hitam”. Sektor dan industri yang masuk daftar ini terlarang bagi investor China dan asing.

Tiga bulan sebelumnya, bank sentral China, People Bank of China (PBoC) menyatakan semua mata uang kripto ilegal dan berjanji akan melakukan tindakan keras bagi yang melanggarnya.

PBoC mengatakan layanan jual-beli cryptocurrency, permintaan pencocokan, penerbitan token dan produk derivatif dari cryptocurrency terlarang. Lembaga pertukaran kripto luar negeri yang menyediakan layanan di daratan China juga ilegal.

“Pertukaran mata uang virtual luar negeri yang menggunakan internet untuk menawarkan layanan kepada penduduk domestik juga dianggap sebagai aktivitas keuangan ilegal,” demikian pernyataan PBoC.

PBoC mengatakan pihaknya juga telah meningkatkan sistemnya untuk meningkatkan pemantauan transaksi terkait kripto dan membasmi investasi spekulatif.

“Lembaga keuangan dan lembaga pembayaran non bank tidak dapat menawarkan layanan untuk aktivitas dan operasi yang terkait dengan mata uang virtual,” kata bank sentral.

PBOC juga memerintahkan bank dan lembaga pembayaran non-bank seperti afiliasi Alibaba Ant Group untuk tidak menyediakan layanan yang terkait dengan kripto.

Pada Juli 2021, bank sentral mengatakan kepada sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing untuk ditutup karena diduga memfasilitasi transaksi mata uang digital dengan perangkat lunaknya.

Pada Juli 2021, bank sentral mengatakan kepada sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing untuk ditutup karena diduga memfasilitasi transaksi mata uang digital dengan perangkat lunaknya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *